BRI Berperang Lawan Disrupsi Digital

bukti.id
Gedung BRI Pusat (foto: net)

Jakarta, bukti.id – Pada era modern seperti saat ini, disrupsi digital menjadi salah satu tantangan utama di dunia perbankan Indonesia. Perlu strategi khusus untuk menjawab tantangan tersebut, yakni melalui rencana visioner seperti transformasi digital, yang mengikuti perkembangan situasi pasar. Harapannya, perusahaan mampu mempertahankan daya kompetitif dan sehingga dapat semakin dipercaya nasabah. Inilah yang menjadi strategi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias BRI untuk mengarungi masa depan.

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Arga M. Nugraha mengatakan, pihaknya memiliki rencana matang dengan 3 fokus utama untuk melakukan transformasi digital yang tertuang dalam BRIVolution 2.0.

Baca juga: Akad Masal Berlanjut. Rumah Murah Bagi Rakyat Dari BTN

"BRIVolution kami gunakan sebagai guideline menjawab tantangan digital dan IT. Karena kami sebagai unit punya strategi yang sama dan mendukung business goals yang sama pula. Sehingga bicara ke depan, kami coba formulasikan ada 3 hal yang menjadi fokus dalam jangka menengah," ujar Arga pada acara Diskusi Taman BRI bertema "The Role of Banking Technology in Improving Financial Inclusion”, belum lama berselang.

Dipaparkan Arga, pertama adalah BRI terus berupaya meningkatkan resiliensi. Dicontohkan, saat dunia diterpa pandemi Covid-19, mengakibatkan disrupsi yang sangat luas secara tiba-tiba. Alhasil, digitalisasi dipacu sedemikian cepat di berbagai bidang tak terkecuali perbankan.

Kedua, BRI ingin fokus kepada open banking. Konsep ini adalah salah satu terobosan baru di bidang perbankan. Tujuannya, mampu mendorong transaksi dan layanan keuangan menjadi lebih mudah, cepat, terintegrasi, dan praktis. Pihak bank membuka jalan untuk membangun kerja sama dengan pihak ketiga. Khususnya untuk berbagai jenis aplikasi digital.

Baca juga: DPR Minta Perbankan Berperan Aktif

Dengan demikian, lanjut dia, pihak pengembang aplikasi dapat terhubung dengan nasabah bank secara aman. Arga mencontohkan, di BRI telah tersedia layanan BRIAPI dimana keterhubungan pihak ketiga dengan nasabah BRI bisa dilakukan menggunakan teknologi Application Programming Interface (API), yang mengintegrasikan data perbankan dengan data yang ada di aplikasi.

"Kenapa open banking? Jadi combine services, partner-partner kami akan bisa lebih luar biasa lagi manfaatkan itu. Sehingga bisa menjawab tantangan-tantangan yang sangat-sangat unik, yang niche market-nya akan dapat. Karena kami yakin kekuatan kami hanya sampai titik tertentu dan beyond harus ada partnership," ujar dia.

Saat ini, BRIAPI memiliki 766 partner per kuartal I/2023. Pada periode tersebut, kerja sama di BRIAPI menghasilkan fee-based income (FBI) hingga Rp26 miliar atau naik 73,2% secara tahunan. Sedangkan jumlah transaksinya mencapai 117,5 juta, naik sekitar 22,4% secara tahunan. Adapun sales volume mencapai Rp111,4 triliun atau naik 18,2% secara tahunan.

Baca juga: BRI Borong 9 International Awards dari FinanceAsia

Masih kata Arga, ketiga adalah, penguatan artificial intelligence dan juga machine learning. Dengan demikian BRI mampu mengelola data nasabah yang begitu besar untuk memberikan manfaat dan value.

"Tidak untuk dijual, tapi kami coba value-nya kami extract dan infuse kembali hasilnya kepada produk-produk kami," imbuh dia. (fik)

Editor : heddyawan

Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru