x iklan_super_apps
x iklan_super_apps

Tes CASN. Bukan Pertarungan Honorer Lawas dengan Fresh Graduate

Avatar bukti.id
bukti.id
Jumat, 08 Mar 2024 03:17 WIB
Pemerintahan
bukti.id leaderboard

Yogyakarta – Ujian tes Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) menjadi sorotan khusus kalangan wakil rakyat. Salah satunya, yakni Guspardi Gaus menekankan kepada penyelenggara negara, agar tidak mempertarungkan para Tenaga Honorer yang sudah mengabdi puluhan tahun dengan yang baru lulus kuliah (fresh graduate) saat mengikuti ujian tes Calon Aparatur Sipi Negara (CASN).

Ini karena, menurut anggota Komisi II DPR RI, mereka yang sudah mengabdi puluhan tahun tersebut sudah tidak update dengan perkembangan teknologi, namun secara kualitas dan kapabilitas sudah teruji lama.

“Apakah ada kebijakan di BKN Regional I ini untuk memilah? Kalau dipertarungkan (yang sudah mengabdi lama) saya yakin dia kalah,” ujar Guspardi, di sela-sela pertemuan Kunjungan Kerja Spesifik Tim Komisi II DPR RI ke Kantor Regional I BKN Yogyakarta, baru-baru ini.

Politisi Fraksi PAN ini berujar, Komisi II dan Pemerintah telah sepakat melakukan revisi UU ASN saat ini, yaitu UU Nomor 20 tahun 2023 dalam rangka menuntaskan pengangkatan tenaga honorer yang berjumlah 2.3 juta orang sesuai data dari Kemenpan-RB untuk segera diangkat, setidaknya, menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Data yang kami terima jumlah yang belum diangkat tinggal sekitar 1,7 juta orang. Intinya Revisi UU ini adalah kita Komisi II bersama Menteri ingin menyelesaikan. Apakah (BKN) ada komitmen ini terhadap penyelesaian ini orang-orang yang sudah mengabdi lama? Paling tidak dia akan di-PPPK-kan dan ini adalah harapan, sehingga kalau dipertarungkan dengan yang baru-baru tidak akan lulus-lulus dia,” pungkas Guspardi saat Kunker diadakan dalam rangka evaluasi pelaksanaan Seleksi Penerimaan CASN 2023 di Yogyakarta.

Informasi yang beredar, pelaksanaan seleksi Tes CASN Formasi Tahun Anggaran 2023, disebutkan bahwa jumlah total keseluruhan formasi untuk PPPK Guru, Nakes, dan Teknis di 42 Kabupaten/Kota Wilayah Kerja Kanreg I BKN Yogyakarta sebanyak 32.804 formasi.

Secara rinci, PPPK Guru berjumlah 19.767 formasi. PPPK Nakes sebanyak 8.703 formasi, dan PPPK Teknis sebanyak 4.334. Di tahun 2024, Pemerintah berencana melakukan penerimaan seleksi Tes CASN kembali. Namun demikian, jumlah formasi dan waktu pendaftaran masih menunggu informasi selanjutnya. (hea)

Editor : heddyawan

bukti.id horizontal
Artikel Terbaru
Selasa, 07 Mei 2024 04:08 WIB | Hukum
KPK resmi tahan Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor atas dugaan kasus pemotongan insentif ASN Pemkab Sidoarjo. ...
Kamis, 02 Mei 2024 02:20 WIB | Peristiwa
Pemprov Jatim janji fasilitasi buruh Jatim dialog ke ...
Kamis, 02 Mei 2024 01:05 WIB | Hukum
Mahkamah Konstitusi gelar sidang PHPU sengketa Pileg 2024 dari sejumlah Parpol. ...