Rukyatul Hilal di Tanjung Kodok Lamongan

bukti.id
Bupati Yuhronur Efendi dan Wabup Rouf hadir saat pelaksanaan rukyatul. Hilal di Tanjung Kodok Lamongan ( foto Humas Pemkab Lamonggan)

Lamongan, bukti.id – Hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah dipastikan Kamis (13/5/2021) besok. Ketentuan itu salah satunya ditentukan dengan rukyatul hilal.

Dan, penetuan dengan cara melihat bulan itu, di Jawa Timut salah satunya dilakukan di pantai Tanjung Kodok, Kecamatan Paciran, Lamongan. Kalau bulan terlihat, secara rukyatul hilal, itulah penentuannya.

Baca juga: Deklarasi Dukungan GAMA Lamongan Siap Menangkan Ganjar Presiden 2024

Ternyata, saat dilakukan rukyatul hilal dari menara rukyat di Tanjung kodok Rabu (11/5/2021) sore, hasilnya bulan tidak terlihat. Meskipun pada pengamatan kemarin sama sekali tidak ada halangan.

“Cuaca di Tanjung Kodok sebenarnya cukup cerah. Bahkan matahari tenggelam bisa teramati dengan baik. Namun, karena posisi hilal di bawah ufuk sekitar 3,5 derajat, maka secara teoritis hilal tidak mungkin terlihat,“ kata Kasi Bimas Islam Kemenag Lamongan, Khoirul Anam.

Baca juga: Jumat Berkah. Agenda Rutin PPP Lamongan untuk Berbagi pada Rakyat

Lebih jauh Anam kepada bukti.id menjelaskan, karena hilal tidak terlihat, maka puasa istikmal 30 hari.

“Dan Idul Fitri 1442 H jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021 M. Tapi, penetapannya tetap menunggu Sidang Isbat,“ imbuhnya, tadi malam.

Baca juga: Program HCS. Layanan Kesehatan Rakyat Miskin

Pelaksanaan rukyatul hilal kemarin sore terbilang isitimewa. Bupati Lamongan Yuhronur Efendi didampingi Wabup Abdul Rouf, Kapolres AKBP Miko Indryana dan Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono hafir di lokasi. Mereka turut melihat melalui teropong pengamat. (ron)

Editor : heddyawan

Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru