x iklan_super_apps
x iklan_super_apps

Bandara, Stasiun dan Pelabuhan Gelar Vaksin Gratis

Avatar bukti.id
bukti.id
Sabtu, 10 Jul 2021 13:11 WIB
Peristiwa
bukti.id leaderboard

Jakarta, bukti.id – Pemerintah terus menggenjot vaksinasi sesuai dengan target yang ditetapkan. Semua sektor dikerahkan untuk pelaksanaan program ini, selain Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali.

Kali ini, layanan vaksinasi Covid-19 digelar di sejumlah fasilitas transportasi umum, yakni bandara, stasiun kereta hingga pelabuhan.

Inilah yang dilakukan PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) bersama stakeholder, bekerjasama dalam mendukung percepatan program vaksinasi nasional, yang dicanangkan pemerintah sebagai upaya menciptakan kekebalan komunal (herd immunity) di tengah pandemi Covid-19.

President Director AP II, Muhammad Awaluddin, mengungkapkan perseroan berterima kasih atas dukungan berbagai pihak sehingga program vaksinasi dapat dijalankan di bandara-bandara AP II dengan baik.

“Berbagai program vaksinasi dijalankan di bandara AP II untuk mendukung percepatan program vaksinasi nasional. Selain dilakukan oleh AP II, terdapat juga program vaksinasi di bandara AP II yang dijalankan dengan berkolaborasi dan dukungan penuh dari berbagai stakeholder,” ujar Awaluddin melalui keterangan resminya, Sabtu (10/7/2021).

Sentra vaksinasi di bandara-bandara AP II ini, selain mendukung percepatan program vaksinasi nasional, juga agar calon penumpang pesawat senantiasa mematuhi protokol kesehatan (prokes) di tengah berlakunya PPKM Darurat Jawa–Bali. Dimana setiap pelaku perjalanan menuju/dari Jawa dan Bali, harus menunjukkan kartu vaksinasi minimal dosis pertama dan tes PCR yang sampelnya diambil 2x24 jam sebelum keberangkatan.

Pada 3-8 Juli 2021, sentra vaksinasi di bandara-bandara AP II telah mevaksin sekitar 8.350 orang. Program Ketiga, adalah program Serbuan Vaksinasi TNI AU di lima bandara AP II, pada 9 – 10 Juli 2021.

Sejalan dengan berbagai program vaksinasi yang dijalankan bersama oleh AP II dan stakeholder di bandara-bandara perseroan, diperkirakan hingga besok jumlah vaksinasi di lingkungan AP II diberikan kepada sedikitnya sebanyak 31.350 orang.

Saat ini, AP II mengelola 20 bandara, yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), dan Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Lainnya yakni Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkal Pinang), Silangit (Tapanuli Utara), dan Kertajati (Majalengka).

Kemudian, Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangkaraya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), dan Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga).

Selanjutnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta membuka layanan vaksinasi bagi penumpang KA di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, mulai 3 Juli 2021.

Kegiatan vaksinasi di Stasiun Gambir dan Pasar Senen dibuka setiap hari pada pukul 08.00 s.d 12.00 WIB, dengan jumlah ketersediaan 100 vaksin per hari.

Nah apa saja persyaratan dan kriteria peserta vaksin di stasiun:
1.Berusia >18 tahun
2. Belum pernah mendapatkan vaksin dosis pertama
3.Menunjukkan kode booking yang sudah dibayar atau tiket Kereta Api Jarak Jauh yang bberlaku
4.Memiliki KTP (adapun NIK diperlukan untuk pendataan dan sertifikasi vaksin);
5.Datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan KA
6. Calon Penumpang dalam kondisi sehat, memiliki suhu tubuh normal yakni tidak lebih dari 37,5 derajat
7.Bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk di vaksin covid-19.

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Pelindo II alias IPC (Indonesia Port Corporation), juga berperan aktif dalam memerangi penyebaran virus tersebut melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).
IPC bekerja sama dengan organisasi masyarakat Jakarta Utara Rumah Kita (JURK), memfasilitasi 15.500 dosis vaksin Covid-19 untuk masyarakat Jakarta Utara.

Program Percepatan Vaksinasi Covid-19 dibuka pada (7/7/2021) di halaman Kantor PMI Jakarta Utara dan dihadiri langsung oleh Walikota Jakarta Utara, General Manager Cabang Pelabuhan Tanjung Priok, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Kapolres Jakarta Utara dan Komandan Kodim 0502 Jakarta Utara dan Ketua Jakarta Utara Rumah Kita (JURK).

“Pelaksanaan kegiatan vaksinasi ini kami mulai 7 Juli 2021 dan rencananya akan selesai pada 16 Juli 2021. Selama periode tersebut kami targetkan dapat memberikan total 30.000 dosisi vaksin yang merupakan kontribusi dari beberapa pihak selain IPC,” ujar EVP Sekretariat Perusahaan IPC Ali Mulyono.

Pelaksanaan vaksin digelar serentak di 20 titik lokasi yang tersebar di lima kecamatan wilayah Jakarta Utara, yakni Kecamatan Tanjung Priok yang termasuk Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok, Koja, Cilincing, Pademangan dan Penjaringan.

“Tidak hanya memberikan vaksin pada masyarakat, sebelumnya kami juga memberikan sosialisasi dan edukasi secara hybrid kepada masyarakat terkait pentingnya vaksinasi Covid-19 ini,” tutup Ali Mulyono. (edd)

Editor : heddyawan

bukti.id horizontal
Artikel Terbaru
Kamis, 13 Jun 2024 23:08 WIB | Pemerintahan
Desa Bersatu gelar acara 1 Dasawarsa UU Desa di Senayan Jakarta. ...
Minggu, 02 Jun 2024 12:54 WIB | Seni Budaya
FPK Tuban dibentuk guna mewadahi para pelaku budaya dan seni di Kota Wali. ...
Sabtu, 01 Jun 2024 01:36 WIB | Seni Budaya
Peringatan Hari Lahir Pancasila diperingati oleh budayawan Sidoarjo dengan menggelar Brokohan Pancasila di Tanjung Puri Sidoarjo ...