x iklan_super_apps
x iklan_super_apps

Pemkot Surabaya Miliki Rumah Anak Prestasi

Avatar bukti.id
bukti.id
Kamis, 27 Okt 2022 05:11 WIB
Peristiwa
bukti.id leaderboard

Surabaya, bukti.id – Keberadaan anak-anak disabilitas di Kota Pahlawan, mendapat perhatian khusus Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Satu diantaranya dengan mendirikan Rumah Anak Prestasi (RAP) sebagai bentuk representasi kasih sayang kepada anak-anak disabilitas di Surabaya. Berdiri sejak 7 September 2022, RAP yang terletak di Jalan Nginden Semolo No 23 Surabaya itu, tidak pernah sepi peminat.

Anak-anak beserta orangtuanya terus datang silih berganti. Kehadiran mereka bertujuan untuk mengembangkan bakat dan kreativitas. Adapula yang ingin mendapatkan layanan terapi. Selain bertujuan untuk mengembangkan bakat dan keterampilan, RAP ditujukan sebagai ruang atau wadah untuk berkumpulnya anak-anak disabilitas di Surabaya.

“Kalau ada yang mengatakan anak disabilitas, saya mengatakan mereka adalah anak-anak istimewa. Karena setiap kekurangan pada anak itu pasti ada kelebihan,” tutur Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, yang pada beberapa waktu lalu berkunjung ke RAP.

Eri meyakini, setiap anak disabilitas memiliki kelebihan dan keistimewaan. Karena itu, pemkot menyediakan Rumah Anak Prestasi sebagai wadah sekaligus fasilitas bagi mereka untuk mengembangkan bakat dan keterampilan.

Dengan bertemu dengan teman-temannya, Eri berharap, mereka memiliki keyakinan dan kemandirian saat menginjak usia dewasa.

“Karena itu Rumah Anak Prestasi ini kita bentuk. Sehingga anak-anak istimewa ini mempunyai komunitas yang bisa berkumpul di sana,” ujar dia.

Menurut dia, seluruh anak istimewa di Surabaya dapat memanfaatkan fasilitas dan ruang yang tersedia di RAP. Eri memastikan, seluruh fasilitas yang disiapkan Pemkot Surabaya dapat dimanfaatkan secara gratis dan tidak dipungut biaya.

“Kami juga menyediakan orang-orang yang hebat untuk melatih mereka menjadi anak-anak yang mandiri, yang punya prestasi,” kata dia.

Keberadaan RAP tentu belum sepenuhnya sempurna sebagai ruang kreativitas kemandirian anak disabilitas di Surabaya. Karena itu, Eri memastikan bakal terus menyempurnakan kehadiran RAP dengan menggandeng berbagai elemen dan komunitas di Surabaya.

Hingga kini, RAP dilengkapi dengan sejumlah ruang atau fasilitas bagi anak-anak istimewa. Mulai dari Ruang Terapi Wicara, Ruang Pembelajaran, Ruang Musik, Ruang Batik, Ruang Physiotherapy hingga Ruang Refleksi. Ada pula Musala yang dapat digunakan anak-anak untuk belajar Mengaji.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya, Anna Fajriatin mengatakan, antusias orangtua dan anak-anak yang datang ke Rumah Anak Prestasi sangat tinggi. Termasuk pula, antusias kedatangan dari SLB yang ada di Surabaya.

“Alhamdulillah antusias dari warga ini cukup besar. Bahkan, mereka berharap dibentuk lagi RAP-RAP di wilayah lain,” kata Anna.

Supaya pelatihan di Rumah Anak Prestasi lebih efektif, Anna menyatakan, pihaknya telah menyediakan pendaftaran secara online. Calon peserta dapat melakukan pendaftaran melalui laman https://dinassosial.surabaya.go.id.Kemudian memilih menu informasi dan selanjutnya pilih Rumah Anak Prestasi untuk mengisi form pendaftaran.

Anna mencatat, ada sejumlah jenis pelatihan dan pelayanan di Rumah Anak Prestasi yang paling diminati oleh anak-anak istimewa. Seperti di antaranya lukis, shibori, musik dan physiotherapy. Sejumlah pelatihan itu jika didapatkan melalui les privat atau mendatangkan pelatih tentu biayanya memang cukup mahal.

Dinsos Surabaya juga mencatat daftar anak yang telah mengikuti pelatihan atau konsultasi dan pelayanan di RAP selama September 2022. Untuk jenis pelatihan Lukis (Lukis, Batik dan Sablon), telah diikuti sebanyak 115 anak. Sedangkan untuk pelatihan Keterampilan (Menjahit dan Handycraft), diikuti sebanyak 101 anak.

Selanjutnya untuk Musik dan Modeling selama September 2022, diikuti 43 anak. Untuk belajar mengaji di mushala sebanyak 45 anak. Lalu, Dongeng Bahasa Isyarat dan BISINDO sebanyak 59 anak. Sementara untuk Konsultasi dan Pelayanan (Dokter Spesialis Anak, Fisioterapi dan Akupuntur) sebanyak 19 anak. (edd)

Editor : heddyawan

bukti.id horizontal
Artikel Terbaru
Rabu, 24 Jul 2024 13:41 WIB | Peristiwa
PBN peringati Hari Kebaya Nasional 2024 dengan penuh suka cita. ...
Minggu, 21 Jul 2024 11:06 WIB | Seni Budaya
Surabaya : Momentum Suroan tahun ini dimanfaatkan oleh warga Leboagung Kelurahan Gading Kecamatan Tambaksari Surabaya untuk menggelar acara ...
Rabu, 17 Jul 2024 10:47 WIB | Pemerintahan
Adhy Karyono: pembahasan APBD-P Tahun 2024 Jatim, bakal tak terganggu oleh penggeledahan KPK di wilayah Jatim. ...