x iklan_super_apps
x iklan_super_apps

Cerita Pilu. Jemaah Haji RI Sempat Telantar di Muzdalifah

Avatar bukti.id
bukti.id
Rabu, 28 Jun 2023 15:07 WIB
Religi
bukti.id leaderboard

Makkah, bukti.id – Perjalanan sejumlah Jemaah Haji Indonesia sempat tersendat dari Muzdalifa ke Mina. Alhasil, merekapun sempat terlantar beberapa saat, dan membuat Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI cemas. Gusar.  

Kegusaran itu ditunjukkan salah seorang anggota Timwas Haji DPR RI, Hamid Noor Yasin. Dirinya selaku Timwas Haji langsung menghubungi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU), agar segera mengevakuasi jemaah.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Prof Hilman Dirjen PHU agar segera menangani jemaah yang masih telantar," kata Hamid, kepada jurnalis, Rabu (28/6/2023).

Dia mendapat informasi jemaah maktab 67 masih telantar hingga siang ini. Namun tak lama setelah Hamid menghubungi Hilman, jemaah mulai terangkut. Namun masih ada jemaah lain yang telantar.

"Jemaah kurang minum, kurang makan, dan kepanasan. Panitia haji harus gerak cepat untuk melayani para tamu Allah," ujar dia.

Sebagian jemaah haji Indonesia telantar di Muzdalifah, dari dini hari hingga siang waktu Arab Saudi. Kondisi jemaah mengkhawatirkan karena kehabisan air dan makanan. Kondisi jemaah kian mengkhawatirkan karena panasnya suhu di Arab Saudi. Saat ini suhu di sekitar Masjidil Haram mencapai 42 derajat Celsius. Suhu di Muzdalifah sangat mungkin lebih tinggi.

Cerita yang lain, diungkapkan Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi. Ini diungkapkan Ashabul saat memberikan klarifikasi di media soal insiden wukuf di Muzdalifah, Mekkah, Arab Saudi (28/6/2023).

Ashabul yang juga Timwas Haji DPR RI itu menjelaskan, sejak tadi pagi sampai menjelang siang terjadi suasana yang agak padat dan ramai di Muzdalifah, disebabkan karena dua faktor. Pertama, memang cuaca yang sangat ekstrem, sangat panas. Kedua, keterlambatan evakuasi Jemaah Haji Indonesia dari Muzdalifa ke Mina.

"Tapi Alhamdulillah, sampai pukul 13.30 waktu Arab Saudi, seluruh jemaah yang ada di Muzdalifah sudah di evakuasi ke Mina. Walaupun tadi, sempat ada dua orang jemaah yang pingsang saat lagi menunggu ambulan. Keterlambatan ini diakibatkan, karena terjadinya kemacetan yang sangat luar biasa, sehingga jemaah yang mengangkut dari Muzdalifah ke Mina untuk kembali lagi mengambil jemaah mengalami hambatan kemacetan yang luar biasa," tutur Ashabul kepada sejumlah jurnalis, di Muzdalifah, Mekkah, Arab Saudi (28/6/2023).

“Di Muzdalifah itu memang tidak ada pasokan makanan dan minuman. Kan memang di Muzdalifah itu sifatnya hanya mabit, sementara saja. Tetapi kemarin kami dari DPR sudah menyampaikan ke pihak kementerian agama agar mengantisipasi kemungkinan terjadinya darurat situasi di Muzdalifah. Tetapi yah, mungkin karena faktor mobilitas laulintas yang sangat padat, sehingga drop in minuman dan makanan itu agak terlambat," ungkap Ashabul.

Mempertegas cerita Ashabul, terpisah, Ketua PPIH Arab Saudi, Subhan Cholid menjelaskan, sebenarnya di Muzdalifah itu memang tidak ada pasokan makanan dan minuman karena hanya melintas satu setengah malam.

"Kita bekali jemaah itu konsumsi ketika masih di Arafah. Jadi membawa bekalnya itu dari Arafah. Sehingga jemaah itu sudah membawa bekal masing-masing dari Arafah menuju ke Muzdalifah," ujar Subhan.

"Nah hari ini memang ada keterlambatan angkutan di Muzdalifah yang mestinya pagi-pagi jemaah itu sudah berada di Mina dan langsung diberikan sarapan di Mina. Tapi, penjemputan jemaah dari muzdalifah hari ini pukul 13.30 Waktu Saudi baru selesai diangkut dari Muzdalifah," imbuh Subhan.

“Karena memang di Muzdalifah tidak dipersiapkan untuk distribusi konsumsi. "Jadi kita sudah minta maksimal untuk memberikan konsumsi dan sarapan pagi di Muzdalifah. Tapi karena aktifitas lalu lintas terlampau padat, sehingga terjadi keterlambatan-keterlambatan," tukas dia. (hed)

Editor : heddyawan

bukti.id horizontal
Artikel Terbaru
Rabu, 17 Jul 2024 10:47 WIB | Pemerintahan
Adhy Karyono: pembahasan APBD-P Tahun 2024 Jatim, bakal tak terganggu oleh penggeledahan KPK di wilayah Jatim. ...
Rabu, 17 Jul 2024 08:41 WIB | Pemerintahan
AFF U-19 2024 digelar di Gelora Bung Tomo, Pemkot Surabaya membuat skema pembuangan sampah di sekitar lokasi. ...
Rabu, 17 Jul 2024 01:35 WIB | Nusantara
Panglima TNI merotasi sejumlah jabatan strategis di lingkungan TNI maupun BIN. ...