x iklan_super_apps
x iklan_super_apps

Orientasi, Pengukuhan dan Pelantikan AELI DPD Jatim Masa Bhakti 2023-2026

Avatar bukti.id
bukti.id
Selasa, 28 Nov 2023 05:54 WIB
Peristiwa
bukti.id leaderboard

Surabaya, – Di pengujung 2023, Asosiasi Experiential Learning Indonesia (AELI) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Jawa Timur menggelar orientasi, pengukuhan dan pelantikan anggota dan pengurus baru masa bhakti 2023 -2026.

Hadir dalam kegiatan bertajuk ‘Collaboration In Action’ yang digelar di The Southern Hotel, Surabaya tersebut, di antaranya para stakeholder terkait aktivitas experiential learning, Dinas Kebudayaan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Provinsi Jawa Timur, kalanganan perguruan tinggi dan pendidik, asosiasi lembaga kepariwisataan, kepemudaan, jajaran pengurus, DPP Aeli Pusat dan anggota baru AELI DPP Jawa Timur.

“Sebagai sebuah organisasi para pelaku dan penyelenggara pendidikan holistik, kami bermitra dengan kalangan pemerintahan dan stakeholder terkait, untuk menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang lebih tangguh untuk menghadapi tantangan eksponensial era industri 4.0 dan 5.0 community ini. Hal tersebut kami tempuh melalui upaya aktivitas capacity building dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia berbasis metode experiential learning”, tegas Ketua DPD AELI Jawa Timur periode 2023-2026, Abdul Jalal, melalui rilis yang diterima bukti.id, Selasa (28/11/2023).

Hingga kini, lanjut pria yang karib disapa Coach Je ini, tercatat 85 orang anggota AELI Jawa Timur, baik atas nama lembaga maupun perorangan. Mereka terdiri dari para pelaku dan penyelenggara aktivitas pendidikan berbasis experiential learning seperti professional coach, leadership trainer, motivator, guru, dosen, business leader, manajer HRD perusahaan, pemandu wisata profesional, instruktur dan fasilitator aktivitas pelatihan luar ruang, atau yang selama ini lebih dikenal masyarakat dengan istilah outbound trainer & facilitator.

Coach Je memaparkan, experiential learning adalah metode pembelajaran yang fokus dan berpusat pada pengalaman yang akan dialami dan dipelajari sendiri oleh peserta pendidikan untuk dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan pemaknaan masing-masing.

“Dengan terlibatnya mereka secara langsung dalam proses belajar, mereka akan mengkonstruksikan sendiri seluruh pengalaman yang mereka alami menjadi suatu pengetahuan yang bermanfaat bagi bidang pekerjaan dan akivitas keseharian masing-masing,” tandas dia.

Disebutkan, model pembelajaran experiential learning ini, kali pertama kali dikembangkan oleh seorang pendidik berkebangsaan Amerika Serikat, David Kolb, pada awal 1980-an silam.

David Kolb mendefinisikan experiential learning sebagai sebuah model pembelajaran yang holistik, dimana seseorang belajar, berkembang, dan bertumbuh. Penggunaan istilah experiential learning sendiri dimaksudkan untuk menekankan bahwa pengalaman seseorang (personal experience) memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Ini yang menjadi pembeda antara experiential learning dengan model pembelajaran lainnya, seperti teori pembelajaran kognitif atau behaviorisme.

Saat ini AELI sebagai wadah model pembelajaran berbasis experiential learning telah berkembang pesat, tersebar di 18 kota besar Indonesia dengan ribuan anggota dan terus bertumbuh-kembang di berbagai kota lainnya.

“Ke depan, kami terus berupaya meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak dan instansi terkait pengembangan SDM, seperti Dinas Kebudayaan, Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pendidikan, Dinas Kepemudaan dan Olah raga, berbagai sekolah menengah dan perguruan tinggi, hingga kerjasama dengan kalangan pebisnis, UMKM, perhotelan dan berbagai destinasi wisata di seluruh wilayah Jawa Timur dan daerah lain di Indonesia” urai PR Executive AELI DPD Jawa Timur, Pungky Kusuma.

DPD AELI Jawa Timur, imbuh Pungky, terus mengajak berbagai komponen organisasi dan individu lainnya untuk bergabung menjadi anggota dengan suatu tujuan, yaitu menjadi pelaku experiential learning professional dan berkualitas melalui berbagai workshop, seminar, dan pelatihan profesi secara bekala yang diperuntukkan bagi para anggotanya.

“Program orientasi, pengukuhan dan pelantikan anggota AELI DPD Jawa Timur 2023 ini didukung oleh berbagai mitra kerja, termasuk The Southern Hotel, Surabaya,” pungkas Pungky. (ceb)

Editor : heddyawan

bukti.id horizontal
Artikel Terbaru
Minggu, 21 Apr 2024 19:32 WIB | Seni Budaya
FPK Jatim gelar halal bihalal dihadiri sejumlah seniman dan budayawan. ...
Selasa, 16 Apr 2024 10:32 WIB | Hukum
KPK tetapkan Bupati Sidoarjo, Gus Muhdlor sebagai tersangka kasus korupsi di BPPD Sidoarjo. ...
Sabtu, 30 Mar 2024 19:23 WIB | Seni Budaya
Mengulang kegiatan tahun sebelumnya, FPK Pasuruan gelar Tadarus Puisi di Bulan Suci. ...