x iklan_super_apps
x iklan_super_apps

Peringati Ramadan. FPK Jatim Bagikan Sembako untuk Seniman Sepuh

Avatar bukti.id
bukti.id
Jumat, 29 Mar 2024 16:38 WIB
Seni Budaya
bukti.id leaderboard

Sidoarjo - Puluhan paket sembako yang berisi beras, gula, minyak goreng, mie instan, kopi, makanan dan minuman ringan dibagikan kepada para seniman sepuh Jum'at (29/03/2024).

Seniman yang tersebar di Pasuruan, Sidoarjo, Malang dan Mojokerto ini terdiri dari berbagai latar belakang mulai dalang, ludruk, penyanyi, sastrawan, penghayat kepercayaan bahkan dewan adat.

Dari beberapa seniman dan budayawan yang mendapat tali asih tidak sedikit yang sedang dalam kondisi sakit bahkan ada yang terserang stroke.

Ketua Forum Pamong Kebudayaan Jawa Timur, Ki Bagong Sabdo Sinukarto, kepada jurnalis menjelaskan jika acara ini selain untuk menjalin silahturahmi dengan seniman sepuh, pihaknya juga berharap perhatian pemerintah terhadap para seniman sepuh yang saat ini merasa termarjinalkan.

"Harapan kami, pemerintah peduli dengan kondisi seniman sepuh apalagi yang sudah tidak produktif termakan usia, jangan sampai mereka merasa terpinggirkan " ujarnya.

Disinggung tentang anggaran kegiatan ini, Bagong mengatakan, acara ini murni dari seniman untuk seniman, tidak ada kontribusi dari instansi manapun.

Sementara itu, Ki Mulyono ketua Lembaga Dewan Adat Mojopahit mengatakan jika bantuan ini sangat bermanfaat untuk para seniman sepuh dan para pelaku budaya lainnya.

Dirinya juga berharap pemerintah meniru apa yang dilakukan FPK termasuk peran serta pemerintah dalam mensejahterakan kehidupan seniman sepuh.

"Masak pemerintah kalah dengan FPK yang peduli pada budayawan sepuh baik yang aktif maupun yang pasif" ujar pimpinan Ludruk Brawijaya ini. (kwan/cebe/knis)

Editor : Redaksi

bukti.id horizontal
Artikel Terbaru
Rabu, 10 Jul 2024 07:16 WIB | Peristiwa
Pemdes Sumbersekar, Dau, Malang peringati 1 Suro dengan berbagai aneka kegiatan budaya selama sebulan. ...
Selasa, 02 Jul 2024 23:22 WIB | Nusantara
Dunia digital telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk politik. ...
Minggu, 30 Jun 2024 17:46 WIB | Seni Budaya
Pasuruan,- Diskusi Budaya Minggu Ponan yang digelar Rumah Budaya Saraswati hari ini, Minggu (30/6/2024) terasa beda dengan diskusi budaya ...