x iklan_super_apps
x iklan_super_apps

Kepakkan Sayap. FPK Bentuk Pengurus di Kota Wali Tuban

Avatar bukti.id
bukti.id
Minggu, 02 Jun 2024 12:54 WIB
Seni Budaya
bukti.id leaderboard

Tuban,- Satu lagi kabupaten di Jawa Timur akan mendirikan Forum Pamong Kebudayaan (FPK) yaitu Kabupaten Tuban menyusul daerah-daerah lain yang sudah lebih dulu berdiri dan berkiprah memajukan kebudayaan daerah. 

Beberapa seniman dan budayawan Kota Seribu Goa ini kemarin bertemu dengan Ki Bagong Sabdo Sinukarto ketua FPK Jatim. 

Diantaranya ada Sayful Ustadi pimpinan Sanggar Bakat yang kemungkinan akan digadang jadi Ketua FPK Tuban. 

Kepada wartawan Sayful mengatakan bahwa rencana pendirian ini sudah lama namun baru beberapa hari ini kepengurusan bisa dilengkapi, sehingga semua Obyek Pemajuan Kebudayaan (OPK) bisa dimajukan dengan maksimal. 

"Beberapa waktu ini kami fokus pada pemilihan profil pengurus yang benar-benar sesuai dengan bidangnya" ujar guru musik yang akrab dipanggil Kak Say ini. 

Terpisah, Devinta salah seorang perias dan perancang busana kenamaan Tuban menambah jika keberagaman seni dan budaya Kabupaten Tuban perlu sebuah lokomotif untuk menarik maju banyaknya gerbong kebudayaan, lokomotif tersebut adalah FPK. 

"Kami sangat berharap FPK bisa jadi lokomotif penggerak majunya kebudayaan di Tuban" Ujar pemilik Tata Rias De Vinta ini. 

Sementara itu Eddy Rangga budayawan dan tokoh masyarakat Tuban didampingi Joko Wahyuono musisi dan pencipta lagu, mendukung sepenuhnya pendirian FPK di Tuban, menurutnya FPK tidak sekedar berbicara tentang seni namun lebih luas dengan lahan garapnya yakni Kebudayaan. 

"Sudah saatnya kita memberi pencerahan kepada masyarakat tentang arti sebuah kebudayaan yang tidak hanya berbicara secara sempit tentang kesenian" Tuturnya yang juga diamini Joko Wahyuono. 

Kepada awak media, Ki Bagong mengatakan sangat gembira dengan akan berdirinya FPK di Tuban mengingat meski menyandang kota santri, namun Tuban memiliki banyak komunitas seni budaya diantaranya Ketoprak, Wayang, Komunitas Penghayat Kepercayaan ada juga komunitas busana Carnivaly yaitu Tuban Culture Carnival. 

"Apresiasi yang sangat luar biasa untuk seniman dan budayawan Tuban yang sudah berupaya berjuang memajukan kebudayaan daerah dengan mendirikan FPK Tuban" pungkasnya singkat. 

Sehari kemarin, Sabtu (1-06-2024) Ketua FPK ini mengunjungi beberapa tempat kegiatan seni dan silahturahmi dengan tokoh masyarakat sebelum menghadiri acara Gelar Cipta Karya Busana dan Pengukuhan Anggota Komunitas Tuban Fashion Comunity & Tuban Culture Carnival. (kwan-knis)

Editor : heddyawan

bukti.id horizontal
Artikel Terbaru
Kamis, 13 Jun 2024 23:08 WIB | Pemerintahan
Desa Bersatu gelar acara 1 Dasawarsa UU Desa di Senayan Jakarta. ...
Minggu, 02 Jun 2024 12:54 WIB | Seni Budaya
FPK Tuban dibentuk guna mewadahi para pelaku budaya dan seni di Kota Wali. ...
Sabtu, 01 Jun 2024 01:36 WIB | Seni Budaya
Peringatan Hari Lahir Pancasila diperingati oleh budayawan Sidoarjo dengan menggelar Brokohan Pancasila di Tanjung Puri Sidoarjo ...