x iklan_super_apps
x iklan_super_apps

ITS Juarai Kompetisi Medsos Shell Eco-Marathon 2020

Avatar bukti.id
bukti.id
Kamis, 18 Jun 2020 19:06 WIB
Pendidikan
bukti.id leaderboard

Surabaya, bukti - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang menerjunkan dua timnya, Sapuangin dan Antasena, berhasil meraih prestasi internasional. Dua tim ini meraih juara Shell Eco-Marathon (SEM) Social Media Competition 2020.

Sapuangin dan Antasena meraih juara pertama sekaligus juara dua dalam Shell Eco-Marathon (SEM) Social Media Competition 2020. Tak hanya itu, mereka juga berhasil mengamankan predikat The Most Engaged Account dan The Most Creative Content.

Hasil juara ini tentu mengantarkan peserta SEM Asia 2020 menuju Communications Award. Setiap tim mendaftarkan akun media sosial mereka yang kemudian dinilai oleh penyelenggara selama periode kompetisi. “Rangkaian perlombaan ini diselenggarakan karena adanya pandemi Covid-19, guna mempertahankan semangat tim ke depannya,” tutur Rafidah Farah Dani, External Relations Tim Sapuangin ITS.

Periode kompetisi berlangsung mulai awal Maret hingga akhir April 2020. Dalam kurun waktu dua bulan tersebut, peserta kompetisi diharuskan untuk mengunggah lebih dari 20 postingan berbeda yang berisikan tentang serba-serbi tim, informasi mobil hemat energi karya tim, maupun konten lain terkait dengan SEM 2020.

Dijelaskan Rafidah, beberapa poin yang dinilai dalam kompetisi ini ialah kualitas informasi konten media sosial, gaya bahasa konten, karakteristik penyampaian konten, dan umpan balik yang didapatkan postingan setelah diunggah.

Dari kriteria yang ditetapkan pihak Shell Indonesia tersebut, tim Sapuangin berhasil meraih juara pertama berhiaskan predikat The Most Engaged Account dengan konten kreatif mereka dalam akun media sosial Instagram @itsteamsapuangin.

Total rincian engagement media sosial mencapai 22.758 likes, 232 comments serta 5.129 followers selama masa penilaian, berhasil dikumpulkan tim Sapuangin. Terkait pencapaian yang berhasil diraih timnya tersebut, mahasiswa Departemen Manajemen Bisnis ini mengungkapkan bahwa timnya merasa sangat bersyukur dan semakin antusias dalam mengelola media sosial tim Sapuangin ke depannya.

Rafidah menegaskan, kemenangan tim Sapuangin pada kategori the Most Engaged Account tidak lepas dari kontribusi stakeholder tim Sapuangin seperti para alumni terdahulu, seluruh sivitas akademika ITS hingga para sponsor.

Sementara posisi runner-up dari kompetisi yang sama berhasil diduduki oleh tim Antasena ITS dengan akun media sosialnya di Instagram @antasena_its. Tim yang terkenal akan inovasinya dalam mengembangkan mobil bertenaga hidrogen tersebut juga sukses mendapatkan predikat the Most Creative Content.

Pasalnya, konten yang dibuat tim Antasena berhasil menyampaikan pesan yang baik kepada audiens. Konten ciptaan mereka juga dinilai atraktif dan memiliki berbagai macam informasi menarik yang membawa umpan balik positif. Berdasarkan pemaparan juri tersebut, predikat the Most Creative Content sukses dibawa pulang tim Antasena.

Non-technical Manager tim Antasena, Muhammad Iqbal Al Barsyi memaparkan bahwa semua anggota tim terlibat dalam kompetisi kali ini. Rancangan dan pengonsepan media sosial telah mereka lakukan sejak September lalu.  “Untuk kompetisi ini, tim Antasena memiliki subdivisi khusus yang lebih fokus dalam pengerjaannya yaitu subdivisi Creative Media,” jelasnya.

Menanggapi prestasi membanggakan yang mereka raih, mahasiswa asal Surabaya tersebut mengungkapkan harapan ke depannya untuk tim Antasena agar dapat terus konsisten mengedukasi dan memberi informasi dengan cara penyajian yang lebih baik lagi. (aries)

Editor : W Aries

bukti.id horizontal
Artikel Terbaru
Selasa, 07 Mei 2024 04:08 WIB | Hukum
KPK resmi tahan Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor atas dugaan kasus pemotongan insentif ASN Pemkab Sidoarjo. ...
Kamis, 02 Mei 2024 02:20 WIB | Peristiwa
Pemprov Jatim janji fasilitasi buruh Jatim dialog ke ...
Kamis, 02 Mei 2024 01:05 WIB | Hukum
Mahkamah Konstitusi gelar sidang PHPU sengketa Pileg 2024 dari sejumlah Parpol. ...