SEO yang Baik Harus Berdampak bagi Bisnis

bukti.id
Crew Digitalic bakal memberikan solusi terbaik dan tepat (foto: ist)

Jakarta, bukti.id – Dalam meningkatkan performa brand atau bisnis, perlu dirancang strategi marketing yang relevan, agar pemasaran bisnis dapat menjangkau pasar yang luas.

Strategi ini bisa saja dilakukan dengan cara konvensional, namun teknik strategi marketing secara modern memiliki potensi lebih besar daripada teknik tradisional.

Baca juga: SIG Manfaatkan Teknologi Cloud Amazon Web Services

“Salah satu teknik jitu dalam memanfaatkan internet adalah dengan melakukan strategi digital marketing,” ujar Co-Founder Digitalic, Jarot Triguritno, dalam rilis yang diterima bukti.id, Rabu (1/2/2023).

Jarot menjelaskan, bahwa digital marketing terdapat dua jenis, yaitu berbayar dan organik. Digital marketing berbayar adalah strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk memasarkan produk atau jasanya.

“Misalnya, dengan membuat iklan untuk customer berdasarkan minat, usia, lokasi, atau interaksi mereka terhadap sebuah brand. Jenis-jenis paid marketing adalah Search Engine Marketing (SEM), display marketing, dan influencer marketing,” kata dia.

Di sisi lain, lanjut Jarot, ada juga digital marketing yang tidak berbayar alias ‘gratis’. Layanan ini lebih akrab disebut Search Engine Optimization (SEO). Meski layanan ini tidak sepenuhnya gratis, tetapi tetap memiliki biaya yang lebih rendah dibanding dengan SEM.

Jarot bilang, SEO juga cocok untuk menghasilkan prospek customer jangka panjang. Teknik SEO merupakan teknik optimasi website agar tampil optimal di mesin pencari. Saat ini, perusahaan harus mulai menjalankan SEO pada website mereka.

Baca juga: ITS Berkontribusi Penuhi Kebutuhan Insinyur Indonesia

“Hal ini dikarenakan jika suatu perusahaan menerapkan SEO, maka produk atau jasanya akan jauh lebih dikenal dan meningkatkan kepercayaan masyarakat,” ujar dia.

Dalam menjalankan SEO tentu dibutuhkan strategi yang tepat dan mengikuti kaidah-kaidah SEO. Sebagai salah satu digital marketing agency yang fokus di layanan SEO, Digitalic memiliki track record yang panjang dalam memberikan konsultasi, dan juga menjadi mitra banyak perusahaan, mulai dari startup fintech, logistik, hingga e-commerce.

“Ketika Digitalic akan menjadi mitra perusahaan dalam menjalankan kampanye SEO, kami tak langsung memberikan harapan ranking dan lainnya,” ucap Jarot.

Baca juga: Pemerintah Maksimalkan UMKM Halal Melalui Teknologi

“Tapi, kami akan bertanya tujuan apa yang ingin dicapai, setelah itu kami mengaudit, mulai dari kesehatan, kecepatan, kemudahan, dan keterbacaan website,” lanjut dia.

Memang, mencari mitra atau agensi SEO perlu berhati-hati, dan harus melihat track record, agar strategi yang dilakukan bisa berjalan dengan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan.

“Harapannya, banyak perusahaan harus sudah mulai melirik dan menggunakan strategi SEO, sebab SEO yang baik bisa berdampak pada bisnis jangka panjang dan berkelanjutan.” tutup Jarot. (hea)

Editor : heddyawan

Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru