x iklan_super_apps
x iklan_super_apps

Peran Media Sosial Dalam Politik Indonesia

Avatar bukti.id
bukti.id
Selasa, 02 Jul 2024 23:22 WIB
Nusantara
bukti.id leaderboard

Opini oleh: Aisyah Fadhilatul Ichsani

Jakarta; Dunia digital telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk politik. Media sosial, sebagai platform yang mudah diakses dan interaktif, telah menjadi alat penting bagi aktivis, aktor politik, dan masyarakat umum untuk terlibat dalam proses demokrasi di Indonesia.

Media sosial memungkinkan partisipasi politik yang lebih luas, terutama di kalangan generasi muda yang akrab dengan teknologi digital.

Platform seperti Instagram, Twitter, dan Facebook memungkinkan individu untuk menyuarakan pendapat, berbicara tentang masalah politik, dan bahkan membentuk gerakan sosial.

Ini mendorong partisipasi politik yang lebih aktif dan inklusif, melampaui batasan geografis dan demografis yang lazim.

Para politisi dan partai politik memanfaatkan media sosial untuk menjangkau pemilih, menciptakan citra publik, dan mendapatkan dukungan.

Kampanye politik sekarang dapat dilakukan secara langsung dengan calon pemilih melalui platform digital selain pertemuan tatap muka.

Media sosial juga berfungsi sebagai alat penting untuk mempromosikan program dan visi misi kandidat.Media sosial membuat masyarakat mudah mendapatkan informasi politik.

Platform digital tidak hanya memberikan pengguna akses ke berita terkini, analisis politik, dan berbagai perspektif tentang isu-isu penting, tetapi juga menyediakan ruang bagi komunitas untuk bertukar pikiran dan terlibat dalam debat publik.

Sebaliknya, politik Indonesia menghadapi sejumlah masalah karena penggunaan media sosial. Salah satu yang paling penting adalah penyebaran informasi yang salah dan hoaks.

Informasi provokatif dan tidak resmi dapat dengan cepat tersebar, berpotensi menimbulkan perbedaan politik dan konflik sosial.

Selain itu, kampanye hitam dan serangan pribadi terhadap individu atau kelompok tertentu juga dapat dilakukan melalui media sosial. Hal ini dapat merusak reputasi politik dan menghambat kemajuan demokrasi.

Peran media sosial dalam politik Indonesia sangat kompleks dan memiliki banyak aspek. Selain menawarkan kesempatan baru untuk partisipasi politik dan demokratisasi, platform digital juga menghadirkan tantangan seperti disinformasi dan polarisasi.

Untuk menjaga lingkungan digital yang aman dan mendukung demokrasi yang kuat di Indonesia, pengguna media sosial harus bersikap kritis, memverifikasi informasi, dan terlibat dalam diskusi konstruktif.

Sumber:

https://fisip.umsu.ac.id/peran-media-sosial-dalam-dunia-politik/

http://journal.bawaslu.go.id/index.php/JAP/article/view/86

https://www.kompas.id/baca/opini/2022/10/26/apakah-media-sosial-lebih-manis-di-tahun-politik

http://governance.lkispol.or.id/index.php/description/article/view/77

 

Editor : heddyawan

bukti.id horizontal
Artikel Terbaru
Rabu, 24 Jul 2024 13:41 WIB | Peristiwa
PBN peringati Hari Kebaya Nasional 2024 dengan penuh suka cita. ...
Minggu, 21 Jul 2024 11:06 WIB | Seni Budaya
Surabaya : Momentum Suroan tahun ini dimanfaatkan oleh warga Leboagung Kelurahan Gading Kecamatan Tambaksari Surabaya untuk menggelar acara ...
Rabu, 17 Jul 2024 10:47 WIB | Pemerintahan
Adhy Karyono: pembahasan APBD-P Tahun 2024 Jatim, bakal tak terganggu oleh penggeledahan KPK di wilayah Jatim. ...