Connect with us

Untuk Negara Berpendapatan Rendah

Indonesia Terima 796.800 Vaksin Covid-19 dari Italia


Vaksin Covid-19. (dokbukti.id)

Jakarta, bukti.id – Indonesia menerima tambahan 796.800 dosis vaksin Covid-19 melalui pengiriman vaksin terbaru dari COVAX. Sebagai bagian dari upaya menghadirkan akses yang setara dan universal kepada vaksin, pengobatan, dan tes diagnostik, Italia adalah negara ketiga yang mendonasikan dosis vaksin melalui COVAX untuk Indonesia.

Pengiriman ini juga merupakan bagian dari 45 juta dosis yang dijanjikan Italia untuk diberikan kepada negara-negara berpendapatan rendah dan menengah hingga akhir 2021. Hingga saat ini, UNICEF telah memfasilitasi pengiriman hampir 38 juta vaksin ke Indonesia melalui fasilitas COVAX, sebuah prakarsa global yang dipimpin bersama-sama oleh Gavi, the Vaccine Alliance, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI), dengan UNICEF sebagai mitra kunci pelaksana. Italia adalah salah satu pendukung utama fasilitas COVAX dengan kontribusi sebesar lebih dari 385 juta Euro.

“Melalui donasi ini, Italia menunjukkan persahabatan dan dukungannya kepada Pemerintah Indonesia dalam upaya menanggulangi penularan Covid-19 di seluruh Indonesia. Kami berharap vaksin yang dikirimkan dapat membantu otoritas di Indonesia untuk melanjutkan upaya yang telah dilaksanakan dalam rangka menekan hantaman gelombang epidemi baru-baru ini dan mempercepat vaksinasi untuk seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Duta Besar Italia untuk Indonesia Benedetto Latteri.

Komitmen untuk menghapuskan pandemi dan menyiapkan diri dengan lebih baik untuk mengantisipasi kemungkinan krisis kesehatan lain di masa mendatang adalah salah satu misi terpenting Presidensi Italia di G20, dengan pendekatan “One Health” sebagai prioritas utama. Italia menekankan pentingnya realisasi komitmen dalam hal vaksin, pengobatan, diagnostik, dan keberlanjutan upaya untuk menjawab permasalahan seperti tata kelola dan pembiayaan.

“Di negara-negara berpendapatan rendah, hanya 2 persen masyarakat yang telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19,” kata Perwakilan UNICEF Indonesia Debora Comini.

“Donasi vaksin dari Italia hari ini sangat penting bagi pemerataan vaksin, yang merupakan satu-satunya cara untuk mengakhiri pandemi dalam skala global.”

Sebagai bagian dari peran UNICEF dalam pengadaan dan penyediaan vaksin, UNICEF juga telah mendukung pengiriman 17 unit rantai ultra dingin melalui COVAX. UNICEF juga bekerja sama dengan Pemerintah dan WHO pada tingkat nasional maupun di 34 provinsi untuk mengatasi keperluan prakiraan kebutuhan dan kebijakan, perencanaan vaksinasi di tingkat mikro, pembiayaan, kualitas, dan penguatan rantai dingin; komunikasi risiko dan pelibatan masyarakat terkait penerimaan terhadap vaksin; data dan analitik untuk registrasi dan pemantauan penerima vaksin; dan memastikan keberlanjutan imunisasi rutin untuk melindungi anak dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah oleh vaksin.

Sebagaimana disampaikan oleh Perdana Menteri Italia Mario Draghi pada UNGA76 baru-baru ini, “Secara global, kita menyaksikan perbedaan besar dalam sebaran vaksin. Dari sisi moral, ketimpangan ini tidak dapat diterima: tingkat vaksinasi yang rendah berarti tingkat kematian tinggi. Kita perlu meningkatkan ketersediaan vaksin di negara-negara miskin dan mengatasi kesulitan logistik agar vaksin dapat didistribusikan ke tempat-tempat yang paling membutuhkannya.”

Selaku mitra pembangunan ASEAN, Italia adalah salah satu pendukung utama Dana Tanggap Covid-19 ASEAN dan telah memberikan kontribusi sebesar 2,5 juta Euro. Bantuan Italia ini menguatkan aksi kolektif Uni Eropa di Indonesia sebagai bagian dari proyek #TeamEurope. (war)

Click to comment

bukti.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Trending