Connect with us

Pramono: Namanya Ditangan Presiden Jokowi

Mengerucut, Teka-teki Pengganti Mendiang Tjahjo Kumolo


Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung (foto: net)

Jakarta, bukti.id - Dalam waktu dekat, posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) bakal terisi.

Pemerintah melalui Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung, menyatakan nama calon Menteri PAN-RB sudah hampir mengerucut. Nama tersebut untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan mendiang Tjahho Kumolo.

Pramono menyebut, nama pengganti Tjahjo akan dibahas antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Namun, Pramono belum bisa memastikan kapan pertemuan kedua pihak tersebut dilakukan.

“Ya namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut. Nanti akan dibahas antara Pak Presiden dengan Bu Mega,” kata Pramono kepada jurnalis, usai mengikuti sidang kabinet paripurna tentang Nota Keuangan dan Rancangan APBN 2023, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin.

Pramono mengingatkan, pengganti Tjahjo menjadi keputusan bersama antara Presiden sebagai pemilik hak prerogatif dengan masukan dari PDI Perjuangan. Mengingat posisi tersebut sebelumnya, MenPAN-RB diisi kader PDI Perjuangan.

“Karena memang yang digantikan itu kebetulan juga kader PDI Perjuangan, dan itu juga alokasi untuk PDI Perjuangan,” ujar Pramono.

Pramono berujar,“Nah, kemarin Bu Mega juga baru kembali dari luar negeri, kebetulan ada wisuda putra-putri Bu Puan (Maharani, putri Megawati, red). Tinggal waktunya, dalam waktu dekat ini akan dibahas, tapi nama-namanya sudah ada,”.

Pramono juga menyebut, komunikasi antara Presiden Jokowi dan Megawati adalah hal lumrah yang terjadi menjelang perubahan di dalam kabinet.

“Ya seperti biasa, sopan santun dalam kabinet kan seperti itu. Jadi sebelum diputuskan, Bapak Presiden mendapatkan masukan dari ketua-ketua umum partai. Dan ini memang biasa dilakukan kalau ada reshuffle kabinet,” tambah Pramono.

Semenjak Tjahjo wafat, Presiden Jokowi sempat menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, sebagai MenPAN-RB ad interim.

Disusul Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menduduki jabatan serupa dengan masa jabatan 4-15 Juli 2022. Terbaru, per 15 Juli, Mahfud ditunjuk kembali sebagai Pelaksana Tugas (Plt) MenPAN-RB. (hea)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Click to comment

bukti.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Trending