x iklan_super_apps
x iklan_super_apps

Seniman Jawa Timur Kirim Surat ke Presiden Terpilih

Avatar bukti.id
bukti.id
Rabu, 21 Feb 2024 16:17 WIB
Seni Budaya
bukti.id leaderboard

Mojokerto - Keinginan seniman untuk dibentuknya Kementerian Kebudayaan yang sejak 2012 diwacanakan, sejumlah seniman di Jawa Timur berkumpul di Candi Waji Mojokerto, untuk membuat surat yang akan dikirim ke Presiden terpilih, Rabu (21/02/2024).

Dimotori oleh Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jawa Timur, sejumlah seniman dan budayawan dari beberapa komunitas seni budaya, menyusun surat yang dibaca bersama, dan juga akan dikirim langsung ke Jakarta dan Solo.

Surat tersebut berisi usulan kepada presiden terpilih agar dalam kabinet mendatang ada Kementerian Kebudayaan yang berdiri sendiri tidak gabung dengan bidang lain yakni Pendidikan.

Ketua FPK Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto, mengatakan jika wacana adanya Kementerian Kebudayaan tercetus sejak 2012, saat dirinya mengikuti Kongres Nasional Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa di Surabaya, dilanjut tahun 2017 Kementerian Kebudayaan jadi bahasan di acara Rembug Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta.

Bahkan Desember 2023 lalu saat Musyawarah Nasional Dewan Kebudayaan tercetus dalam Resolusi Ancol yang dalam salah satu poin menyebut perlunya ada Kementerian Kebudayaan.

Terbaru, wacana pembentukan Kementerian Kebudayaan juga menjadi bahan Debat Capres awal Pebruari kemarin.

"Sudah 12 tahun Kementerian Kebudayaan ini didengungkan, kami berharap Pemerintahan Kabinet mendatang bisa mengakomodir keinginan seniman dan budayawan agar di Indonesia ada Kementerian Kebudayaan" pungkasnya.

Acara yang dihadiri budayawan dari Gresik, Tulungagung, Batu, Mojokerto, Pasuruan, Malang, Lamongan, Jombang, Surabaya dan Sidoarjo diakhiri dengan pembacaan surat usulan kepada Presiden terpilih. (cebe/kwan)

Editor : heddyawan

bukti.id horizontal
Artikel Terbaru
Selasa, 07 Mei 2024 04:08 WIB | Hukum
KPK resmi tahan Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor atas dugaan kasus pemotongan insentif ASN Pemkab Sidoarjo. ...
Kamis, 02 Mei 2024 02:20 WIB | Peristiwa
Pemprov Jatim janji fasilitasi buruh Jatim dialog ke ...
Kamis, 02 Mei 2024 01:05 WIB | Hukum
Mahkamah Konstitusi gelar sidang PHPU sengketa Pileg 2024 dari sejumlah Parpol. ...