x iklan_super_apps
x iklan_super_apps

Sosok Capres yang Digadang PDI Perjuangan di Pilpres 2024

Avatar bukti.id
bukti.id
Rabu, 04 Jan 2023 13:40 WIB
Kabar Partai
bukti.id leaderboard

Jakarta, bukti.id – Meski belum terang benderang tentang pilihan sosok calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mendatang, tapi pihak internal PDI Perjuangan melemparkan sinyal positif.

Adalah Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, secara terbuka kepada jurnalis mengungkapkan sinyal tersebut.

Disebutkan, partai berlambang kepala banteng itu menyebut tiga kriteria sosok capres yang bakal diputuskan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Hasto bilang, sejumlah nama yang digadang-gadang sebagai capres PDI Perjuangan. Di antaranya, Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani, hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Ya sebenarnya banyak nama di PDI Perjuangan. Karena banyak menteri-menteri juga yang diusung PDI Perjuangan mereka dipersiapkan dengan sangat baik,” ucap Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta, kemarin.

Hasto pun memberikan beberapa catatan terkait nama-nama yang masuk dalam radar partainya.

Puan Maharani, misalnya. Hasto menilai kapasitas kepemimpinan Puan telah teruji. Dia memuji kinerja Puan saat parliamentary 20 atau P20 beberapa waktu lalu.

“Jadi kalau Mbak Puan Maharani memang kapasitas kepemimpinan beliau telah teruji di internal partai, legislatif partai, di eksekutif partai. Tidak ada yang menyangkal terkait kapasitas dan kemampuan leadership dari Mbak Puan. Kemarin dalam rangka parlemen G20 begitu banyak apresiasi,” tandas Hasto.

Pun halnya sosok Ganjar. Hasto juga memuji proses Ganjar hingga kini menjabat sebagai kepala daerah. Menurut dia, Ganjar berproses dari bawah.

“Pak Ganjar sebagai kepala daerah itu juga berproses dari bawah untuk menjadi anggota legislatif,” tegas dia.

Namun, perihal pengumuman resmi capres maupun cawapres, Hasto mengungkapkan, PDI Perjuangan bakal mendeklarasikan di 2023. Namun, dirinya ogah merinci kapan waktu persisnya.

“Sekalian terkait capres-cawapres itu nanti di dalam momentum yang tepat ibu Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan, kapan waktunya, yang pasti 2023,” tepis kader kawakan PDI Perjuangan ini.

Medio Desember 2022, Hasto secara gamblang menyebut tiga ciri sosok capres yang bakal diusung PDI Perjuangan.

Menurut Hasto, capres dari PDIP yang pertama harus memiliki semangat kepemimpinan yang sejalan dengan perjuangan Soekarno, Megawati Soekarnoputri, dan Presiden Jokowi.

Ciri kedua, kata Hasto, capres harus sudah dipersiapkan secara matang untuk menjadi pemimpin yang bisa meneruskan pembangunan, yang sudah dilakukan Presiden Jokowi.

Ketiga, capres adalah mereka yang telah dipersiapkan secara matang agar mampu menjadi seorang pemimpin agar bisa memikul tanggung jawab bagi masa depan. (hea)

Editor : heddyawan

bukti.id horizontal
Artikel Terbaru
Selasa, 16 Apr 2024 10:32 WIB | Hukum
KPK tetapkan Bupati Sidoarjo, Gus Muhdlor sebagai tersangka kasus korupsi di BPPD Sidoarjo. ...
Sabtu, 30 Mar 2024 19:23 WIB | Seni Budaya
Mengulang kegiatan tahun sebelumnya, FPK Pasuruan gelar Tadarus Puisi di Bulan Suci. ...
Jumat, 29 Mar 2024 16:38 WIB | Seni Budaya
FPK Jatim adakan silahturahmi dan pembagian sembako untuk seniman sepuh. ...