Tak Gampang Awasi Kampanye di Tempat Ibadah

bukti.id
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja (foto: ist)

Jakarta, bukti.id – Tempat ibadah mendapatkan perhatian khusus bagi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) terkait tahapan Pemilu, khususnya pelaksanaan masa kampanye.

Hal tersebut tercermin dari ungkapan Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja, yang mengaku tidak mudah mengawasi kampanye di tempat ibadah jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Apalagi ada dampak penyerta terkait hal itu.

"Melarang kampanye di tempat ibadah tentu tidak mudah. Kami berharap tidak didemo berhari-hari seperti pemilu," kata Bagja, kepada jurnalis, Kamis (2/3/2022).

Baca juga: Mulai Hak Angket, Pansus Pemilu hingga Potensi Sengketa Pemilu

Bawaslu, lanjut Bagja, bakal menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat untuk dapat menciptakan Pemilu yang bebas dari polarisasi suku, ras, dan agama (SARA). Sehingga, dapat ikut mengawasi tahapan Pemilu 2024.

Baca juga: Wujudkan Pemilu Damai. Ini Permintaan DPR ke Bawaslu dan Media

"Kami mengucapkan terima kasih MUI menyatakan siap mendukung deklarasi ini. Tentu kami juga akan melibatkan tokoh-tokoh agama yang lain," ujar dia.

Menurut Bagja, tokoh agama dapat ikut meyakinkan masyarakat terkait Pemilu 2024. Sehingga, ajang demokrasi itu bukan momen perpecahan.

Baca juga: Bawaslu: Waspadai Potensi Konflik Pemilu di DOB Papua

"Saya yakin tidak akan terpecah sampai selesai. Bahkan berlanjut pilkada (pemilihan) pada bulan November tahun 2024 juga berjalan lancar, tidak tidak terjadi polarisasi," bilang Bagja. (hed)

Editor : heddyawan

Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru