Connect with us

Bantuan UMKM Rp50 Juta

Sandiaga Sebut Masih Ada 3.000 Kuota


Menparekraf, Sandiaga Uno (foto: ist)

Jakarta, bukti.id – Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengucurkan dana sebesar Rp50 juta untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tujuannya, membantu menstimulasi pengembangan dan pemasaran produk mereka.

“Bantuan UMKM ini merupakan salah satu bentuk perwujudan dari Program Bangga Buatan Indonesia yang telah diluncurkan pada awal tahun 2021, dengan tujuan mendorong UMKM lebih berkembang ke depan,” ungkap Menparekraf, Sandiaga Uno, saat menghadiri kegiatan lokakarya “KaTa Kreatif Indonesia” di Kota Medan, Sumatera Utara.

Saat ini, lanjut Sandiaga, masih tersisa 3.000-an kuota untuk UMKM yang akan diberikan bantuan Rp50 juta tersebut. Untuk itu, Sandiaga meminta kepada para pelaku UMKM khususnya di Sumatera Utara, agar segera mendaftarkan ke Kemenparekraf untuk mendapatkan dana bantuan itu.

Sandiaga berucap, pemerintah terus mendorong agar UMKM naik kelas dengan pengembangan dan pemasaran produk sudah berbasis digital, sehingga mampu menjangkau wilayah yang lebih luas.

Masalah yang sering terjadi selama ini, kata Sandiaga, adalah minimnya informasi dan kreativitas pelaku usaha untuk memanfaatkan pemasaran digital, seperti sosial media, untuk menembus pasar yang luas hingga ke luar provinsi, bahkan mancanegara.

Khusus di beberapa subsektor termasukkuliner, kriya, fesyen, dan produk kecantikan, imbuh Sandiaga, akan mendapatkan stimulan Rp50 juta dan saat ini masih ada 3 sampai 3.500 slot yang kita harapkan pelaku kreatif di Sumatera Utara, khususnya Medan, dapat berpartisipasi.

“Karena ini murni program stimulus dangakpakai ribet, mudah dan hari ini bisa langsung diklaim, sehingga bisa menggerakkan ekonomi lokal,” pungkas Sandiaga. (har)

Click to comment

bukti.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Trending