Connect with us

Butuh Peran Media untuk Informasi ke Publik

Fungsi DPR tak Sekedar Legislasi, Pengawasan, dan Penganggaran Saja


Jakarta, bukti.id – Media massa punya peran sangat penting dalam menyampaikan fungsi dan tugas dalam berbagai hal kepada publik, serta kegiatan yang berlangsung di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI, Indra Iskandar, saat Press Gathering Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR bertema ‘Optimalisasi Tugas dan Fungsi DPR di Tengah Pandemi', belum lama ini.

Ditegaskan, forum tersebut harus didukung penuh menyangkut informasi seputar kegiatan di lingkungan Parlemen.

“Peran media sangat penting dalam menyampaikan fungsi dan tugas-tugas di DPR RI kepada masyarakat sehingga dengan forum ini saya ingin agar wartawan Parlemen semakin semangat dalam menyampaikan informasi,” ujar Indra di Bandung, dalam keterangan resmi, Minggu (25/9/2021).

Indra menuturkan, walaupun pandemi Covid-19 telah membuat seluruh aktivitas menjadi terganggu, namun dirinya berharap wartawan di lingkungan Parlemen dapat bekerja secara maksimal.

Hal tersebut untuk mendukung seluruh kegiatan DPR RI, dengan demikian fungsi DPR sebagai salah satu Lembaga Tinggi di Indonesia dapat dikenal luas masyarakat.

Guna menjaga kontinuitas kerja, perlu adanya konsolidasi dan evaluasi dalam waktu tertentu, sehingga Indra berharap agar acara press gathering dapat terlaksana minimal satu tahun 4 (empat) kali yang dapat dilaksanakan di wilayah Indonesia secara berbeda-beda.

“Saya dukung acara ini dilaksanakan minimal empat kali setahun di tempat yang berbeda seperti NTB, NTT, Aceh, bahkan di Danau Toba (Sumatera Utara) atau lainnya. Tentunya guna meningkatkan sinergitas antara wakil rakyat di DPR dengan awak media khususnya selama pandemi Covid-19, sehingga langkah-langkah strategis fungsi parlemen dapat berjalan dengan harmonis. Kegiatan ini juga sekaligus dapat menjadi wadah sensitifitas wakil rakyat dengan wartawan dan permasalahan seluruhnya,” urai Indra.

Kegiatan juga membahas Fungsi DPR RI, yang saat ini sudah bukan sekedar identik dengan legislasi, pengawasan, dan penganggaran saja. (hea)

Click to comment

bukti.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Trending