x iklan_super_apps
x iklan_super_apps

Peringati Hari Lahir Pancasila. FPK Gelar Brokohan Pancasila

Avatar bukti.id
bukti.id
Sabtu, 01 Jun 2024 01:36 WIB
Seni Budaya
bukti.id leaderboard

Sidoarjo,- Peringatan Hari Lahir Pancasila diperingati oleh budayawan Sidoarjo dengan menggelar Brokohan Pancasila di Tanjung Puri Sidoarjo, Jum'at (31-05-2024).

Puluhan seniman budayawan bahkan Ketua Dewan Kesenian Daerah (Dekesda) Sidoarjo, serta pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan hadir hingga acara usai. 

Acara tersebut diisi dengan alunan tembang Macapat yang bertemakan Pancasila dengan berbagai macam tembang Macapat. 

Ketua Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Sidoarjo, Ainul Yaqin mengatakan jika acara ini sesuai dengan Catur Dharma Bhudaya FPK jika dalam berkebudayaan selayaknya berpedoman pada Pancasila dan Bhineka Tunggal ika. 

"Karena temannya adalah Pancasila, maka tembang yang dibawakan harus bermuatan tentang Pancasila" ujar pria berkumis ini. 

Ditempat yang sama, Ketua Dekesda Sidoarjo, Ribut Wiyoto sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar FPK, menurutnya ini menjadi salah satu acara yang bisa menyatukan beberapa komunitas Kebudayaan yang ada di Sidoarjo, bahkan menurutnya ada lebih 10 komunitas yang hadir. 

"Wujud kerukunan seniman Sidoarjo tampak terlihat malam ini, masing-masing komunitas saling menguatkan satu sama lain" pungkasnya. 

Sementara itu Ketua FPK Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto menambahkan, jika acara seperti ini selalu dikerjakan oleh FPK Jatim dan juga yang ada di kota maupun Kabupaten, selain untuk memajukan kebudayaan, mempertebal rasa nasionalis juga menjadi ajang berselaras dengan sesama komunitas dan juga pemerintah. 

"Acara seperti ini harus diteruskan dan bisa menjadi agenda rutin ditahun mendatang" tuturnya. 

Selain Macapat, dilakukan juga pemotongan tumpeng sebagai tanda hari lahirnya Pancasila. (kwan-knis)

Editor : heddyawan

bukti.id horizontal
Artikel Terbaru
Kamis, 13 Jun 2024 23:08 WIB | Pemerintahan
Desa Bersatu gelar acara 1 Dasawarsa UU Desa di Senayan Jakarta. ...
Minggu, 02 Jun 2024 12:54 WIB | Seni Budaya
FPK Tuban dibentuk guna mewadahi para pelaku budaya dan seni di Kota Wali. ...
Sabtu, 01 Jun 2024 01:36 WIB | Seni Budaya
Peringatan Hari Lahir Pancasila diperingati oleh budayawan Sidoarjo dengan menggelar Brokohan Pancasila di Tanjung Puri Sidoarjo ...