Connect with us

Fokus Refocusing Anggaran Covid-19

RPJMD Kelar, Pembahasan PAK Belum Molor


Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Sahat Tua Simanjuntak. (foto: trq)

Surabaya, bukti.id – Pelaksanaan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) terkait rencana perubahan APBD 2021 soal rencana refocusing anggaran Covid-19 di Provinsi Jawa Timur, dipastikan digelar usai pembahasan perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024. RPJMD sendiri bakal disahkan Jumat malam (13/8/2021).

Kepastian pembahasan PAK tersebut diungkapkan Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Sahat Tua Simanjuntak.

Politisi senior itu menyampaikan, pembahasan PAK ini masih belum bisa dikatakan molor, meski di tahun-tahun sebelumnya, pembahasan P-APBD biasanya dimulai awal Agustus dan disahkan selambatnya awal September.

“Terkait ada kesan seakan-akan pembahasan PAK ini molor, sebenarnya bukan molor. Tetapi ada beberapa legalitas politisi yang belum diselesaikan yang menjadi landasan untuk menuju pembahasan PAK,” tepis Sahat, Kamis sore (12/8/2021).

Namun, sebelum itu, lanjut Sahat, setelah disahkannya RPJMD akan dilaksanakan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah), yang merupakan tindak lanjut dari penyesuaian perubahan RPJMD, selanjutnya menuju ke pembahasan PAK.

“Setelah itu pembahasan di komisi-komisi dan seterusnya hingga penetapan P-APBD 2021,” tandas Sahat.

Sekretaris DPD Golkar Jatim ini juga memastikan, untuk saat ini pembahasan P-APBD Jatim 2021 tidak terlambat. Pihak DPRD Jatim juga tidak bisa langsung melakukan pembahasan, sebab yang berkepentingan terhadap P-APBD ini adalah eksekutif.

“Nggak ini tidak terlambat, masih on the track. Cuma sebenarnya PAK ini yang berkepentingan adalah eksekutif. Karena yang mengajukan adalah eksekutif, jadi dewan ini pada posisi menanti. Yang mau dirubah apa, sehingga kita bahas. Kalau mereka tdak memanfaatkan waktu yang ada, ya mereka sendiri yang rugi,” tutup Sahat. (trq)

Click to comment

bukti.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Trending