Connect with us

Peringatan Hari Pahlawan 2021

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Kalibata


Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat Upacara Ziarah Nasional di TMP Kalibata dalam peringatan Hari Pahlawan 2021. (foto: tangkapan layar akun youtube sekpres RI)

Jakarta, bukti.id – Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2021 dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Rabu (10/11/2021). Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku Inspektur Upacara memimpin jalannya upacara, dan langsung diikuti dengan prosesi tabur bunga di beberapa makam pahlawan

Presiden Jokowi yang mengenakan pakaian formal dengan jas berwarna gelap tiba di TMP Kalibata, dengan didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin, sebagaimana tayangan langsung dari kanal resmi Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (10/11/2021).

Presiden Jokowi memimpin upacara, dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dan digelar dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Tampak dari tayangan langsung Youtube Sekretariat Presiden, beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir di lokasi, di antaranya Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan juga Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, yang akan menjadi pembaca doa.

Upacara dimulai setelah, Presiden Jokowi menerima laporan dari Komandan Upacara. Para peserta upacara kemudian memberi penghormatan kepada para pahlawan dengan diikuti sikap hormat senjata.

Selanjutnya, para peserta upacara mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dengan ditandai bunyi sirene. Setelah itu, Presiden Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi kemudian meletakan karangan bunga di tugu TMP Kalibata, dan upacara dilanjutkan dengan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin kemudian meninggalkan tempat upacara, dan dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga.

 

Himbauan Kepala Negara di Instagram


Dalam rangka Hari Pahlawan, Kepala Negara melalui postingan di akun sosial media Instagram-nya, Rabu (10/11/21), mengingatkan kembali bahwa perjuangan yang harus dihadapi di zaman sekarang tidak lebih ringan dibanding zaman peperangan dahulu.

“Ujian zaman tak berkurang, tapi bangsa ini semakin kokoh bagaikan karang,” ujar Presiden Jokowi dalam postingan itu.

Perjuangan bangsa Indonesia di saat ini yaitu harus menghadapi krisis, resesi akibat pandemi yang semuanya hanya akan dapat dilalui dengan perjuangan keras semua elemen bangsa.

“Krisis, resesi, dan pandemi akan dapat kita lalui berkat para pejuang yang selalu hadir di semua palagan pengabdian saat dibutuhkan,” tutur Presiden Jokowi.

Di akhir postingannya, Presiden Jokowi tak lupa memberi ucapan selamat Hari Pahlawan kepada seluruh bangsa Indonesia.

“Selamat Hari Pahlawan,” tutup Presiden Jokowi di postingan-nya. (hed)

Click to comment

bukti.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Trending