Dorong Gotong Royong Canthelan Sosial

bukti.id
Warga Karangasem, Kelurahan Jetis dengan kegiatan canthelan gratis. (Imron Rosidi)

Lamongan, bukti.id – Masa pandemi Covid-19 berkepanjangan memantik kreatifitas Pemkab Lamongan untuk meringankan beban masyarakat terdampak.

Kali ini lewat Dewan Wanita Persatuan (DWP) Lamongan. Melakukan terobosan dengan cara membangkitkan gotong-royong sosial. Berlabel ‘Beri Seikhlasnya, Ambil Seperlunya’.

Baca juga: Aturan Baru Perubahan Ketentuan PCR Penumpang Pesawat

Praktiknya, menggerakkan masyarakat dengan model sedekah canthelan. Per RT membuat tempat, warga dipersilahkan menyedekahkan kebutuhan bahan masakan atau apapun seikhlasnya. Sedang warga yang membutuhkan diminta untuk mengambil seperlunya.

“Jadi ini adalah bentuk kepedulian, semangat gotong royong kemanusiaan, partisipatif masyarakat di tengah pandemi Covid 19 dalam bentuk memberikan bantuan berupa bahan pokok rumah tangga, sembako dan lain-lain yang digantungkan menggunakan kantong plastik di depan Kantor PKK di tempat yang sudah disediakan,” kata Ketua DWP Lamongan, Anis Yuhronur Efendi, Senin (26/7/2021).

Baca juga: Politisi PKS Cium Dugaan Indikasi Persaingan Bisnis

Kegiatan ini, lanjut istri bupati ini, didukung semua DWP tiap perangkat daerah setiap Senin hingga Jumat. Caranya, digilir dan masyarakat bisa mengambilnya sesuai dengan kebutuhan. Waktunya, sejak pukul 07:00 WIB.

Baca juga: Vaksinasi di Lamongan Ricuh dan Tuai Kecaman

“Kita berharapi bisa menjadi contoh yang lain. Dan semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat terdampak Pandemi Covid 19 di Kabupaten Lamongan, “imbuhnya.

Pantauan bukti.id, kegiatan spontan ini mulai semarak di Lamongan. Dampaknya, bagi yang bersedekah maupun yang membutuhkan saling senang dan berterimakasih. (ron)

Editor : heddyawan

Pemerintahan
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru