Connect with us

Melalui Rapat Paripurna DPR RI

Lodewijk Resmi Jadi Wakil Ketua DPR RI


Usai dilantik, Lodewijk berfoto bersama dengan pimpinan DPR RI di Gedung Nusantara. (foto: net)

Jakarta, bukti.id – Melalui Rapat Paripurna DPR RI ke-6 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2021-2022, Kamis (30/9/2021), Lodewijk F Paulus resmi dilantik menjadi Wakil Ketua DPR RI menggantikan Azis Syamsuddin.

Pelantikan Lodewijk F Paulus dilaksanakan dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-6 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2021-2022.

Mengenakan setelah jas hitam dan dasi kuning, Sekjen Partai Golkar itu mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof Syarifuddin, dan disaksikan seluruh pimpinan DPR RI, yang hadir di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya, sebagai wakil ketua DPR dengan sebaik-baiknya dna seasil-adilnya, perpedoman dengan Pancasila dan UUD 45,” kata Lodewijk dalam sumpah pelantikan.

Usai pelantikan Lodewijk berfoto bersama pimpinan dan duduk di kursi pimpinan sebagai Wakil Ketua DPR RI Bidang Korpolkam.

Lodewijk diajukan Partai Golkar kepada Pimpinan DPR RI untuk menggantikan Azis Syamsuddin yang mengundurkan diri karena tersangkut kasus hukum.

Surat pengajuan Lodewijk, diantarkan langsung Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, didampingi Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI Kahar Muzakir.

Ketua DPR RI, Puan Maharani menjelaskan, sesuai dengan mekanisme pergantian pimpinan DPR RI Pasal 47 Peraturan DPR 1/2020 tentang Peraturan Tata Tertib (Tatib) DPR, maka DPR akan memproses pimpinan wakil Ketua DPR dari Partai Golkar.

“Kemarin kami pimpinan DPR sudah melakukan mekanisme melalui Bamus atau rapat konsultasi pengganti Bamus jika dalam waktu dekat karena kemarin saya belum bertemu dengan Pak Airlangga,” ucap Puan. (hea)

Click to comment

bukti.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Trending